Minggu, 29 Juni 2014

Susahnya Kuliah Sambil Kerja :(

Lembur di kantor itu bukan suatu hal yang biasa buat gw. Mungkin karena senang dengan kerjaannya, jadi gw happy aja kalaupun harus lembur. Bukan karena ada tambahan gaji, tapi karena gw menikmati apa yang musti gw kerjain.

Hari ini gw lembur lagi. Tapi bukan lembur karena ngerjain kerjaan kantor. Gw lembur sampe pagi coz musti ngerjain en nyelesaiin tesis gw yang udah mandeg satu tahun. Mau ga mau gw harus selesaiin tesis ini biar gw bisa di wisuda bulan Agustus nanti.

Masalahnya adalah, bukan karena gw ga suka dengan tema tesis yang gw ambil. Gw suka banget. Secara gw ini hobinya makan, kan sesuai dengan judul tesis gw, tentang makan bersama hehe.

Yang bikin gw lama ngerjain en sekarang udah deadline, semata-mata karena gw lebih seneng ngerjain kerjaan kantor gw daripada tesis gw. Lagian, gw itu ngantor dari pagi sampe sore, jadi kalo udah pulang dari kantor, otak gw udah mampet en pengennya tidur atau berbaring aja di kamar kos.

Sebenarnya itu bukan jadi excuse seh. Personil di kantor gw orangnya baik-baik banget. apalagi atasan gw. mereka seh sebenarnya ga keberatan kalau gw ambil jam kantor buat ngerjain tesis gw. Tapi mungkin gw nya aja kali yang dableg en ga enak an. Susah juga neh kalo jadi orang yang ga enak an. Gw cuma jaga supaya gw ga jadi batu sandungan di kantor hohoho. Kalo gw ambil jam kantor sembarangan, kan itu namanya korupsi waktu hihihi.

Tapi sekarang gw nya neh yang kesulitan. Teesis gw udah musti dikumpul hari senin. Tapi sampe sekarang aja gw belum selesai. Pertanyaannya, kenapa gw ga ngerjain tesis gw, kok malah nulis kayak gini an? Hoho gw ngantuk euy, jadi supaya semangat en ga ngantuk, gw sengaja nulis ini.

Ini seh blog gw yang udah lama banget ga gw buka. Ga tau kenapa tiba-tiba aja gw mau buka.

Eh iya, tujuan gw nulis ini kan sebenarnya mau ngasih tau aja, kalau kuliah sambil kerja itu susah boo. Cape en bener-bener butuh usaha. Butuh kerja keras. Butuh ngurangin waktu me-time. Butuh otak yang terus on dari pagi sampe malam. Pokoknya bener-bener sulit deh.

Ada beberapa temen gw yang juga kerja sambil kuliah. Mereka malah lebih susah lagi, coz udah berkeluarga. En kesimpulannya tetep sama, susah en sulit banget. Emang seh bisa selesai, tapi jadinya ga maksimal.

Temen gw malah cuti dari kantornya selama 1 bulan buat nyusun tesis ini. Eh lebih dari 1 bulan deh, coz waktu bikin proposal, dia juga ijin 1 bulan. Makanya dia bisa selesai juga.

Temen gw yang lain, rela ninggalin keluarganya, biasanya seh 3 bulan sekali dia datang ke Bandung, tinggal di Bandung selama 1 bulan. Yah itu dia tadi, cuma mau nyelesain tesis aja.   

Liat kan susahnya dan pengorbanan yang musti diberikan kalo kuliah sampe kerja hehehe.

Gw bandingin ama temen gw yang full kuliah, di luar negeri pula. Karena dia full kuliah, en mata kuliah yang diambil dalam 1 semester cuma 3 atau 4 mata kuliah (itu kalo gw ga salah yah hehe), tentu aja dia bisa lebih fokus. En hasilnya,  tugas kuliahnya bisa dia buat dengan sangat maksimal. Hasilnya, dia dapat pujian dari profesornya, en IPK nya gileeee.

Tapi gw juga liat, ada banyak mahasiswa lain yang juga kuliah sambil kerja. Tapi mereka juga bisa kok nyelesain kuliah en tugas-tugas kuliahnya dengan baik.

Jadi sebenarnya, dimana salahnya? Dimana kelemahannya?

Gw rasa yang jadi kelemahan gw adalah manajemen waktu. En yang kedua adalah masalah fokus. Gw rasa kalo kedua hal itu bisa gw manage dengan baik, tentunya gw ga akan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) kayak gini dong.

Jadi kalo udah tau salah, apa yang musti gw buat? Yah ga bisa apa-apa lagi seh, selain tetep ngerjain tesis gw supaya bisa selesai tepat waktunya, en tetep dikerjain dengan maksimal.

Terus kesimpulannya apa? Yah itu tadi, buat gw seh, susah kuliah sambil kerja. Kalaupun nanti gw ada kesempatan buat kuliah lagi, gw ga mau ah kalau disuruh kuliah sambil kerja. Ga kuat hehehe...










 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar