Selasa, 13 Maret 2012

THE SECOND MAN – KALEB

BILANGAN 13:25-14:10

-    Selamat pagi teman-teman yang dikasihi Tuhan. Hari ini adalah hari terakhir retreat kita, mudah-mudahan kebersamaan kita boleh membuat kita saling mengenal satu sama lain dan saling mendoakan.

-    Mari kita membuka firman Tuhan dari Bilangan 13:25-14:10.
Mari kita berdoa. Amin.

-    Judul khotbah hari ini adalah ‘The Second Man’, atau orang kedua.
Apa sich yang dimaksud dengan orang kedua? Apakah pengertiannya sama dengan yang dinyanyikan oleh Astrid, jadikan aku yanng kedua, buatlah diriku bahagia.
Tidak. Bukan itu pengertiannya.
Orang kedua disini bukanlah seorang WIL / PIL, bukanlah selingkuhan.
Tapi orang kedua disini adalah orang yang bekerja di balik layar. Orang yang tidak muncul di permukaan, orang yang bertugas membantu pekerjaan orang pertama.
Misalnya, suami yang sukses, maka mungkin yang menjadi orang kedua adalah istrinya.
Bos yang berhasil, maka mungkin sekretarisnya yang menjadi orang kedua.

-    Dengan adanya orang kedua, maka orang pertama bisa maju. Orang yang sukses / berhasil, maka di belakang dia pasti ada orang yang telah mendukungnya.
Sewaktu jadi presiden, Bill Clinton adalah orang pertama di AS, namun ada orang kedua yang mendukungnya supaya ia bisa seperti itu, yaitu istrinya, Hillary Clinton.

-    Hari ini orang kedua yang akan kita pelajari adalah Kaleb.
Siapakah Kaleb? Kaleb adalah pemimpin suku Yehuda yang bersama 11 pemimpin suku yang lain ditugaskan oleh Musa untuk mengintai tanah Kanaan.

-    Bagaimana kita bisa tahu kalau Kaleb adalah orang kedua, orang yang berperan penting dalam kepemimpinan Yosua?

-    Kita akan melihat ciri-ciri seorang yang menjadi orang kedua:

1.    Bisa Menjadi Pendorong (13:30)
-    Ketika 10 pengintai menceritakan keadaan yang tidak benar tentang tanah Kanaan, ketika 10 orang itu kecut hatinya, maka Kaleb lah yang berinisiatif untuk memotivator atau mendukung / memberikan kekuatan kepada bangsa Israel dengan mengatakan, kita pasti mengalahkan dan menduduki negeri itu.
-    Ilustrasi: dalam acara Mamamia, ada ibu dan anak yang saling mendukung dan akhirnya anaknya menang, yaitu Fiersya dan Mama Ace. Fiersya anak yang cacat, matanya buta, tidak bisa melihat, namun Mama Ace selalu memberikan dorongan. Ketika Fiersya bisa menyanyi dan menjadi juara, itu tidak lepas dari dorongan sang mama.
-    Seorang yang menjadi orang kedua memiliki kemampuan untuk menjadi seorang motivator bagi orang pertama. 

2.    Bisa Menjadi Penasehat (14:7-8)
-    Ketika bangsa Israel bersungut-sungut dan meragukan kekuatan Allah bahwa Allah sanggup memberikan tanah Kanaan kepada mereka, maka Kaleb memberikan nasehat kepada bangsa itu (ay. 9).
-    Ilustrasi: Kerajaan dan Penasehat / ketua dan sekretaris.
-    Orang kedua memilki fungsi untuk menjadi penasehat bagi orang pertama.

3.    Bisa Menjadi Pemimpin (13:2, 6)
-    Kaleb adalah orang kedua dalam pemerintahan Yosua, namun sebenarnya Kaleb adalah juga orang pertama dalam suku Yehuda.
-    Ilustrasi : Pak Yan dan Ko Juffry (Ketua Senat dan Sekretaris)

Banyak orang yang hanya ingin menjadi orang pertama, yang terkenal, padahal bukan suatu hal yang memalukan kalau kita juga adalah orang kedua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar