Selasa, 14 Juni 2011

Kenaikan Yesus


Selamat pagi Bapak/Ibu/Saudara yang dikasihi Tuhan.

Pagi hari ini kita merayakan Hari Kenaikan Yesus ke sorga.

Kita buka kembali Kisah 1:1-11.

Setelah 40 hari Yesus bersama-sama dengan murid-murid (menampakkan diri) maka tiba waktunya bagi Yesus untuk kembali kepada Bapa-Nya.

Yesus membawa murid-murid ke satu bukit yang bernama Bukit Zaitun, dan disanalah, dengan disaksikan + 70 orang murid, Yesus terangkat ke sorga.
Nabi Elia pun terangkat ke Sorga, tapi Nabi Elia memakai mediator/sarana, yaitu kereta berapi dengan kuda berapi.
Ada juga orang yang mengatakan ‘saya pernah ke sorga’, tapi tidak diam disana, karena setelah itu mereka kembali lagi ke dunia. Namun Yesus berbeda!

Ada tiga hal yang bisa kita pelajari:
1.      
Yesus pulang kembali ke rumah-Nya
Nabi Elia membutuhkan kereta yang akan membawanya ke sorga.
Nabi yang lain/orang di bumi membutuhkan malaikat untuk membawa mereka ke sorga.
Tapi Yesus tidak. Ia tahu jalan ke sorga, karena sorga adalah rumah-Nya. Hal ini juga membuktikan kalau Yesus adalah Allah, bukan sekadar manusia biasa saja.
·         Kucing, suami cemburu dan rumah.
Dalam Yoh 14:6 Yesus mengatakan Dia adalah Jalan. Kalau kita mau ke sorga, kita seharusnya percaya kepada Dia yang telah naik dan pulang ke rumah-Nya, yaitu sorga.

2.       Yesus hidup untuk selama-Nya
Sekalipun Yesus bangkit, tapi Dia tidak naik ke sorga, maka mungkin ada keraguan di hati kita: “benarkah Yesus adalah Anak Allah dari sorga?”. Kalau setelah Yesus mati, Dia bangkit dan hanya berjalan-jalan saja di dunia, mungkin tidak Yesus bisa mati lagi? Ya, mungkin aja.
·         Mati suri/reinkarnasi di padang = kerbau
Yesus naik ke sorga, duduk di sebelah kanan Allah, Ia sungguh hidup. Dan tidak berinkarnasi lagi.

3.       Yesus berikan pengharapan
Sebelum naik ke sorga, Yesus memberikan perintah kepada murid-murid-Nya dan juga kepada kita Mat 28:19-20, Kis 1:4. Dan Yesus juga memberikan janji kepada murid-murid (Yoh 14:27, Kis 1:8). Perintah dan janji Yesus ini memberi kita pengharapan bahwa Yesus yang sama pasti akan datang kembali. Dan setiap kita yang percaya dapat juga diangkat bersama-sama Dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar