Selasa, 14 Juni 2011

Menghujat Roh Kudus


Markus 3:20-30

Selamat pagi Bapak/Ibu/Saudara yang dikasihi oleh Tuhan, Syalom.

Pagi hari ini kita akan belajar Firman Tuhan dengan tema MENGHUJAT ROH KUDUS. Mari kita membuka Markus 3:20-30. Kita akan baca secara bergantian, saya ayat 20, jemaat ayat 21, demikian seterusnya sampai ayat 30.
Sebelum kita merenungkan firman Tuhan ini, mari kita berdoa. Amin

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ‘hujat’ berarti caci, cela; fitnah. Sedangkan ‘menghujat’ artinya mencaci,  mencela; memfitnah.
Berarti kalau kita memakai KBBI ini, maka ‘menghujat Roh Kudus’ artinya adalah mencaci, mencela atau memfitnah Roh Kudus.

Ayat 29 dituliskan ‘barangsiapa ada yang menghujat Roh Kudus, ia tidak akan mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal’.
Mengapa demikian? Orang-orang seperti apakah yang menghujat Roh Kudus itu?

1.         Orang yang menghujat Roh Kudus adalah orang yang tidak mau percaya kepada Kristus.
Kita akan perhatikan ayat 20-22.

Ketika Yesus masuk ke sebuah rumah, ternyata ada orang-orang yang juga ikut datang. Pertama adalah orang banyak, kedua adalah kaum keluarga Yesus, dan ketiga adalah para ahli Taurat.

Ada yang menarik disini. Ketiganya memiliki respon yang berbeda. Orang banyak datang karena ingin mendengar pengajaran Yesus dan melihat mukjizat yang telah dilakukan-Nya. Kaum keluarga Yesus datang karena menganggap Yesus sudah tidak waras lagi, dan mereka hendak membawa Yesus. Sedangkan ahli-ahli Taurat datang jauh-jauh dari Yerusalem ternyata hanya untuk menyatakan kalau Yesus kerasukan Beelzebul (=Iblis), dan dengan kuasa penghulu setanlah Yesus mengusir setan.
Itulah sebabnya Yesus memberikan perumpamaan kepada mereka dalam ayat 23-27.

Bapak/Ibu/Saudara yang dikasihi Tuhan, diantara ketiganya, kira-kira manakah yang menghujat Roh Kudus? Yah, para ahli Taurat dan saya kira kaum keluarga Yesus juga.
Mereka mempertanyakan kuasa yang dipakai oleh Yesus dan tanpa menyelidiki terlebih dulu, ternyata mereka sudah memberi cap/label kepada Yesus, bahwa Yesus menggunakan kuasa dari Iblis untuk melakukan semua mukjizat-Nya. Mereka tidak mau membuka hati mereka untuk percaya bahwa Yesus sungguh adalah Mesias yang telah dijanjikan itu.
Seharusnya mereka sudah mengenal Yesus, apalagi kaum keluarganya, tapi ternyata itu bukan jaminan, karena kaum keluarga Yesus sendiri mempertanyakan kredibilitas Yesus.

·         Ada seorang pemuda, anak orang kaya, anak satu-satunya, ia sangat menginginkan mobil baru sebagai hadiah kelulusannya. Dia mengatakan kepada Ayahnya, dan berharap kalau sang Ayah akan memberikan mobil tersebut. Tibalah hari wisudanya, ternyata Ayah hanya memberikan sebuah Alkitab, yang sangat indah kepadanya. Ia menjadi sangat kecewa, dan dalam hatinya berkata, ‘mengapa Ayahku tidak memberikan apa yang ku ingini, apalah artinya mobil itu dibandingkan dengan semua kekayaan yang dimiliki oleh Ayah’. Dia begitu kecewa sampai tidak mau lagi mengasihi sang Ayah, dan Alkitab itu hanya digeletakkan begitu saja. Sampai beberapa tahun kemudian sang Ayah meninggal. Pada saat membereskan barang-barang Ayahnya inilah, tanpa sengaja Alkitab itu jatuh dan meluncurlah sebuah cek yang disertai tulisan Ayahnya, ‘Anakku bawalah cek ini ke dealer mobil dan belilah mobil yang telah lama kau idam-idamkan itu. Dan pergunakanlah Alkitab sebagai petunjuk jalan di sepanjang hidupmu. Dari yang mengasihimu, Ayah’.

Bapak/Ibu/Saudara yang dikasihi Tuhan, mungkinkan kita seperti anak itu? Tahu kalau Sang Bapa mengasihi kita, tapi menolak pemberian-Nya, karena kita hanya mau apa yang kita ingini saja. Memang kita datang ke gereja, mendengarkan firman Tuhan, mungkin membaca firman Tuhan juga setiap hari, namun benarkah kita sungguh-sungguh percaya kepada Yesus? KTP kita yang Kristen, tidak menjamin kita mendapatkan keselamatan. Perbuatan baik yang kita lakukan tidak menjamin kita mendapatkan pengampunan. Hanya satu kuncinya : ‘percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu’ (Kisah 16:31).

Orang yang menghujat Roh Kudus, yaitu orang yang tidak mau percaya kepada Kristus, tentunya tidak akan mendapatkan pengampunan, karena pengampunan diberikan bagi mereka yang mau meresponi anugerah Tuhan melalui iman dalam Tuhan Yesus.

2.         Orang yang menghujat Roh Kudus adalah orang yang tidak mau menerima kebenaran.
Ayat 23-27, Yesus memberikan perumpamaan bagi mereka yang mempertanyakan kuasa Yesus dan mengatakan kalau Yesus kerasukan roh jahat.

‘bagaimana Iblis dapat mengusir Iblis? Kalau Iblis berontak melawan dirinya sendiri dan kalau ia terbagi-bagi, ia tidak dapat bertahan’

Kebenaran itu sudah dinyatakan. Yohanes Pembaptis sudah berseru-seru dan mengatakan ‘sesudah aku akan datang Ia yang lebih berkuasa daripadaku; membungkuk dan membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak’ (Mrk 1:7). Namun orang-orang ini tetap tidak percaya kebenaran itu. Mereka menolak kebenaran dan tidak mau hidup dalam kebenaran tersebut.

Yohanes 14:6 menuliskan ‘kata Yesus kepadanya: Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku’. Namun orang yang menghujat Roh Kudus, tidak mau menerima kebenaran ini.

·         Seseorang yang merasa dirinya jagung datang ke psikolog minta dilayani. ‘Pak, setiap pagi, setiap saya hendak pergi ke kantor, saya takut keluar rumah’, katanya. Psikolog pun bertanya kenapa. Laki-laki itu menjawab, ‘karena saya takut dipatok ayam-ayam tetangga’. Setelah dilayani selama berminggu-minggu, akhirnya laki-laki ini pun mengalami kemajuan. Dia tidak lagi menganggap dirinya jagung. Pada kedatangannya yang terakhir, psikolog kembali menyakinkan dia kalau dia adalah manusia dan ternyata laki-laki ini sudah sembuh, begitu diagnosa dari psikolog. Namun ternyata begitu dia keluar dari kamar praktik psikolog tersebut, laki-laki ini kembali masuk dengan muka pucat. Psikolog bertanya, ‘apakah kamu masih merasa dirimu jagung?’ ‘Tidak pak’, kata laki-laki itu. ‘lalu kenapa kembali?’, kata psikolog. Laki-laki ini berkata, ‘pak, apakah ayam-ayam di luar sana sudah tahu kalau saya sekarang sudah jadi manusia lagi?’

Bapak/Ibu/Saudara yang dikasihi Tuhan, kita tahu kebenaran, tapi apakah kita menolak kebenaran itu dan tidak mau hidup dalam kebenaran itu? Kita sering mendengarkan janji-janji firman Tuhan, tapi apakah kita sudah mengamini janji firman Tuhan itu? Kita tahu bahwa Tuhan yang kita miliki itu berkuasa dan sanggup melakukan apa yang tidak kita bayangkan, tapi apakah kita lebih suka datang ke orang pintar dan paranormal?

Orang yang menghujat Roh Kudus tidak mau membuka hatinya untuk kebenaran, dan orang yang seperti itu adalah orang yang bersalah karena sudah berbuat dosa kekal.

3.         Orang yang menghujat Roh Kudus adalah orang yang terus menerus tidak mau ditegur dosanya.
Jemaat yang dikasihi oleh Tuhan, ayat 22 menuliskan bahwa ahli-ahli Taurat datang dari Yerusalem. Wow, bayangkan, mereka datang jauh-jauh hanya untuk bertemu Yesus, tapi kemudian setelah bertemu dan mendengar mukjizat yang dilakukan oleh Yesus, melihat bagaimana dengan berkuasa Yesus menyembuhkan orang sakit dan mengusir setan-setan, para ahli Taurat ini ternyata tetap tidak percaya kepada Yesus.

Kalau Bapak/Ibu/Saudara perhatikan, mulai dari kemunculan Yesus di Kapernaum (Mrk 1:21 dst), ternyata orang banyak sudah membandingkan pengajaran Yesus dengan pengajaran para ahli Taurat. Orang banyak takjub akan pengajaran Yesus, karena Yesus mengajar sebagai orang yang berkuasa (Mrk 1:22). Dan dalam Mrk 2:1 dst dituliskan bagaimana Yesus menyembuhkan orang lumpuh, namun para ahli Taurat mengatakan ‘mengapa orang ini menghujat Allah’.

Dan saat itu Yesus sudah menegur mereka, namun ternyata mereka tidak menerima teguran Yesus, mereka menjadi marah dan segera bersekongkol dengan orang-orang Farisi dan orang-orang Herodian untuk membunuh Yesus (Mrk. 3:5-6).

·         Ada tiga orang pria yang sedang berbincang-bincang di sebuah kafe. Mereka masing-masing berprofesi sebagai dokter ahli bedah, insinyur dan politisi. Si dokter berkata, ‘profesi saya yang pertama kali ada di dunia ini. Di Alkitab disebutkan bahwa Hawa dijadikan dari rusuk Adam. Itu berarti dilakukan pembedahan’. Tapi si insinyur tidak mau kalah, ‘enggak mungkin. Profesi insinyur lah yang pertama kali ada. Bumi diciptakan dalam waktu enam hari, dari semula yang kacau balau itu. Artinya, disitu sudah ada pembangunan kan? Itu kan pekerjaan insinyur’. Politisi yang dari tadi diam saja, mulai bicara, ‘kalian benar. Tetapi menurut kalian siapa yang pertama kali menciptakan keadaan kacau balau itu?’

Jemaat yang dikasihi Tuhan, mungkin dalam hidup kita, kita juga seperti ketiga pria tersebut, yang tidak mau kalah, ingin menjadi pemenang dalam mengunggulkan diri sendiri. Kita menutup telinga kita dari teguran Tuhan. Kita tahu apa yang kita lakukan itu dosa, tapi kita menganggap dosa itu enteng. Kata orang, ‘dosa kan berjendol/benjol, jadi buat dosa aja setiap hari’, atau ‘kan Tuhan sudah bilang Ia akan mengampuni dosa, jadi kita buat dosa sekarang nanti malam doa minta ampun sama Tuhan’.

Itu menandakan kalau kita tidak sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan. Bertobatlah kalau itu terjadi, karena orang yang percaya sungguh-sungguh kepada Kristus tidak mau hidup dalam dosa, sekalipun masih bisa jatuh dalam dosa. Jemaat yang dikasihi oleh Tuhan, Yohanes 16:8-11 menuliskan pekerjaan dari Roh Kudus, yaitu menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman. Sehingga orang yang menghujat Roh Kudus pastilah tidak mau menerima karya Roh Kudus dalam hidup mereka, dan itu artinya mereka menutup telinga mereka dari peringatan akan dosa.

Tiga hal yang bisa dikatakan sebagai menghujat Roh Kudus, tidak mau percaya kepada Yesus, tidak mau menerima kebenaran dan tidak mau ditegur dosa-dosanya.
Janganlah kita menjadi orang yang menghujat Roh Kudus, tetapi baiklah kita meminta kuasa Roh Kudus menyertai dan memimpin setiap langkah kehidupan kita.
Sebagai penutup, kita akan saksikan klip singkat bagaimana Yesus begitu mengasihi kita sekalipun kita menolak Dia.
Mari kita terima kasih dan anugerah Yesus.
Mari kita berdoa. Amin.

1 komentar:

  1. Lucky Club Casino Site » Up to £50 Free Bet | LuckyClub.live
    LuckyClub.lv offers a complete portfolio of over 카지노사이트luckclub 200 online casino games including slots, blackjack, roulette, live games, video poker and bingo.

    BalasHapus